Kuncoro Bilang Pelatih Ibarat Tukang Masak

Bhumiarema.com – Pertanyaan mengenai pelatih Arema FC untuk musim 2019 masih belum menemukan jawaban. Namun demikian spekulasi tentang siapa yang pantas sudah santer terdengar di media.

Berbicara mengenai juru taktik Singo Edan, Kuncoro sebagai asisten pelatih memiliki pandangan tersendiri. Pelatih asli Gondanglegi itu mengatakan bahwa seorang pelatih bisa diibaratkan sebagai tukang masak. Jika tukang masak hebat, maka dapat dipastikan bahwa masakan yang dia ciptakan akan enak.

Menurut Kuncoro hal yang paling penting adalah mencari yang sudah mengerti tim. Sosok tersebut harus mampu bekerja sama dengan asisten pelatih, serta mampu meracik pemain Singo Edan dengan mayoritas 90 persen pemain musim lalu.

“Jika mau diomongkan ya yang paling enak adalah pelatih bisa mencari pemain sesuai dengan keinginan. Sebenarnya jika sudah ada materi dan komposisi pemain juga enak, intinya semua jelas ada nilai lebih dan kurang”, ungkap Kuncoro yang ditemui dalam sebuah kesempatan.

Kuncoro kemudian memberi contoh di era kepelatihan Robert Rene Albert yang membuat Arema juara Indonesia Super League 2009-2010. Kala itu sang pelatih sudah terima jadi dan hanya meracik materi pemain.

“Menurut saya pelatih itu adalah jantung dari sebuah tim. Dia bisa dikatakan sebagai tukang masak, jika bahan bagus tapi yang masak kurang pintar ya hasilnya bisa tidak enak. Jika bahan biasa saja tapi yang meracik bagus maka nanti hasilnya bisa jadi masih enak. Disinilah kecerdasan pelatih meracik tim dibutuhkan”, tambah Kuncoro melanjutkan.

Manajemen Arema FC sendiri mengaku sudah berbicara dengan sedikitnya empat calon pelatih potensial Singo Edan. Ruddy Widodo selaku General Manager mengatakan bahwa kemungkinan keputusan baru diberikan pasca tahun baru nanti. Hmmm, siapa kira-kira yang terpilih ya?

Apa tanggapanmu, sam?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *