Joko Susilo: Mari Semua Introspeksi Diri, Termasuk Aremania

Bhumiarema.com – Arema FC memang sedang mengalami masa terburuk dalam beberapa pekan terakhir. Tim yang mengawali kompetisi dengan start yang baik itu kini terpaksa harus rela tercecer  dan terseok di papan tengah klasemen sementara Liga 1 2017.

Joko Susilo sebagai asisten pelatih Singo Edan memiliki pandangan tersendiri terhadap hal tersebut. Pria yang baru saja mendapatkan lisensi A AFC itu mengatakan bahwa semuanya harus melakukan introspeksi diri, mulai dari manajemen, para pemain, hingga tim pelatih.

“Kondisi tim sendiri saat ini saya rasa sudah mulai kondusif, meski harus diakui bahwa selama ini kita sedikit lengah”, ungkap Joko Susilo kala dimintai keterangan oleh juru warta.

Tidak hanya untuk bagian internal Singo Edan, Joko Susilo juga meminta agar Aremania juga melakukan introspeksi diri agar lebih baik kedepannya. Mantan pemain Arema era Galatama ini juga menyebutkan bahwa Aremania mungkin sedikit terlena dengan start bagus yang selama ini ditunjukkan.

“Saya rasa evaluasi tidak hanya dilakukan oleh pemain, tim pelatih, serta manajemen tetapi juga bagi Aremania. Saya kira Aremania sedikit terlena dengan berbagai hasil kemenangan yang telah didapatkan sebelumnya”, papar Joko Susilo menambahkan keterangan.

Terlenanya Aremania ini akhirnya memunculkan anggapan bahwa “kiamat” sudah terjadi ketika tim yang didukung mendapathasil imbang atau kalah, terlebih ketika hal tersebut terjadi di kandang. Harapan dari Aremania agar tim kesayangannya selalu menang dan tak terkalahkan inilah yang menjadi boomerang sekaligus sumber beban bagi para pemain ketika berlaga di lapangan.

“Saya kira ini merupakan waktu yang tepat bagi kami semua untuk melakukan introspeksi diri. Kami sudah mencoba mengevaluasi diri serta dievaluasi, kini giliran Aremania mencoba melakukannya pula. Saya rasa hal ini penting agar kita semua menjadi satu dan solid seperti sebelumnya”, tutup pelatih yang akrab disapa Getuk ini mengakhiri wawancara.

 

Apa tanggapanmu, sam?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *